Ganti Domain Blog-mu jadi .com dengan Mudah



Halo Sobat Kata!

Ketemu lagi di kelas belajar bersama Kotak Kata. Ada yang sadar nggak kalau alamat domain Kotak Kata tuh berubah? Kalau Sobat Kata ngikutin blog ini dari lama, pasti tahu nih. Tapi kalau kalian termasuk Sobat baru, berarti kalian golongan yang tidak tahu, hehe …


Sebelum aku memutuskan untuk merubah blog ini menjadi lebih profesional dengan cara mengganti nama domainnya menjadi www.kotakkata.com, blog ini beralamatkan www.diaryanggi.blogspot.com. Cukup panjang kan? Selain cukup panjang, namanya juga kurang ‘menjual’ untuk dibaca orang lain. Bisa saja, ada Sobat Kata yang berfikir bahwa ini blog pribadi yang hanya untuk dikonsumsi oleh pemilik, karena judulnya diari.


Nah, seperti yang aku ceritakan di artikel sebelumnya, Menjadi Blogger Professional. Salah satu kelas buat blogger pemula seperti aku, bahwa kita akan diajarkan bagaimana sih caranya jadi profesional dan tentunya blog kita juga menjadi lebih profesional juga. Salah satu materinya adalah Ganti Domain, yuk ganti domainmu dengan nama yang lebih menjual dan gunakan salah satu dari Top Level Domain (TLD).


Kenalan dulu sama Domain Yuk



Domain itu adalah alamat untuk membuka atau mengakses website. Ibarat sedang mencari sebuah rumah, tentu kita harus memiliki modal kan untuk menemukannya di antara jutaan rumah yang ada di dunia ini. Nah sama seperti itu, berjuta-juta, mungkin lebih dari itu banyak sekali alamat website yang ada. Jadi kalau kita ingin mengundang orang untuk datang ke website kita, berikan alamat webnya dan buatlah alamat itu mudah diingat dan ditemukan.


Nama domain terdiri dari dua elemen utama, yakni nama situs dan ekstensi. Contohnya adalah kotakkata.com, kotakkata adalah nama situs dan .com adalah ekstensinya.


Apa itu TLD?



TLD adalah singkatan dari Top-Level Domain. Seperti sebutannya TLD adalah domain-domain yang berada di tingkatan atas di Domain Name System (DNS).


Ada banyak sekali pilihan domain di TLD, yang paling populer di antaranya ada .com, .edu, .ord, my.id, .net. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya harga ya. Karena ganti domain itu juga ada biayanya Sobat. Tenang saja, banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan kantong Sobat Kata kok, hehe …


Tips Memilih Domain Blog



Memilih nama domain cukup memusingkan bagi saya, karena di antara jutaan kata memilih satu yang akan mewakili citra blog atau situs kita tentu membutuhkan pemikiran yang dalam. Apalah arti sebuah nama, sebuah pepatah yang diambil dari cuplikan dialog karya William Shakespeare dalam novel romatis Romeo dan Juliet, bagi saya sangat tidak tepat untuk diaplikasikan dalam pemilihan nama domain.


Justru tingkat kesulitannya seperti memilih nama untuk calon anak. Selain harus bagus, mudah diingat, tentu harus memiliki nilai jual serta sesuai dengan niche blog yang sudah kita tentukan. Kan tidak mungkin, niche blog teknologi namun nama domainnya situs kuliner atau situs mode.


Nah berikut tips untuk kalian,

  1. Tentukan Niche dan tujuan pembuatan blog.
  2. Pilih dan gunakan nama domain yang sederhana dan mudah diingat oleh pengguna.
  3. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang atau bertanda baca (-)
  4. Pilih provider domain blog yang kredible.


“Beli domain dan Hosting harus di tempat yang kredible ya, jangan gampang tergiur harga yang murah,” itu tips dari senior di grup ODOP Blogger Squad



Lebih Profesional dengan blog TLD



Ganti Domain tidak hanya membuat alamat blog kita mudah dikenali oleh pengguna internet, namun banyak sekali lho manfaatnya Sobat.


Yang pertama, sebagai personal branding bagi kita sebagai penulisnya dan tentunya sebagai citra dari blog itu sendiri. Misal, ketika kita membuka situs rotienak.com, tentu kita akan langsung tahu bahwa itu adalah situs tentang roti yang enak. Atau alamat matematikamudah.edu, kira-kira tentang apa situs ini menurut Sobat Kata? Yak! Situs tentang belajar matematika. Jadi memiliki blog TLD akan meningkatkan citra dari blog kita.


Yang kedua, memudahkan pengguna untuk mengingat alamat blog kita. Karena tentunya kita memilih nama yang singkat, mudah ditulis dan diingat.


Yang ketiga, peluang kerjasama dan lomba lebih banyak. Mitra kerja yang ingin mempromosikan produknya tentu akan memilih blog yang profesional, salah satu parameternya adalah blog yang sudah TLD.


Wah, sudah makin mantap ganti domain?

Sekarang Yuk kita belajar cara kerja menggantinya.


Ganti Domain dengan Mudah



Nah, Sobat Kata pasti sudah penasaran, gimana sih caranya ganti domain TLD tuh?

1. Tentukan provider pembelian domain kita.


Banyak sekali pilihan layanan untuk membeli domain, ada rumahweb, icloudhost, niagahoster, dan lain-lain. Sobat kata bisa mencarinya di google. Sebelum memilih provider, sebaiknya Sobat kata membaca profil masing-masing provider, jangan hanya terpaku pada harga saja. Layanan dan fasilitas yang ditawarkan provider juga harus kita perhatikan. Di sini saya memilih untuk menggunakan niagahoster.com. Karena banyak sekali review yang bagus oleh pengguna lain, dan mereka menyediakan layanan CS 24 jam. Jadi ketika Sobat Kata butuh bantuan, bisa banget nih mba CS nya membantu.


2. Login di situs niagahoster.com

3. Cek nama domain yang Sobat inginkan

Ganti Domain

Sobat bisa menuliskan alamat domain yang diinginkan dan niaga akan membantu cek apakah domain masih tersedia atau sudah ada yang memiliki. Di situs juga sudah ditampilkan harga untuk masing-masing ekstensi yang tersedia. Jika domain sudah ada yang memiliki bagaimana? Tentu saja kita tidak bisa menggunakannya lagi, atau jika mau kita bisa menunggu dan cek berkala apakah nama domain tersebut tersedia suatu saat nanti. Tapi, masa iya sih Sobat mau menunggu.


Ganti Domain
Nah ini contoh, domain kita tersedia dengan ekstensi .id, namun yang .com sudah ada yang memiliki. Apakah Sobat mau terus menggunakan domain tersebut atau tidak, pilihan ada di tanganmu.


4. Pembayaran


Setelah Sobat Kata memilih domain yang diinginkan. Dan lakukan pembayaran.

Ganti Domain

Setelah pembayaran sukses, Sobat akan mendapatkan notifikasi di email yang Sobat registrasikan.


5. Aktivasi nama Domain


Nah di sini Sobat bisa mengikuti petunjuk hosting nama domain atau hubungi layanan CS


Nah Sobat Kata, mudah bukan. Yuk jadikan blog-mu lebih profesional dengan TLD. Ganti Domain itu mudah!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadi Blogger Profesional bersama ODOP Blogger Squad

Beri Makan Kucingmu dengan satu klik dari Handphonemu dengan Bardi Smart Pet Feeder!