Jadi Blogger Profesional bersama ODOP Blogger Squad

 Hai Sobat Kata,

Ketemu lagi di kelas belajar bersama Kotakkata nih. Kali ini kita akan mengenal sebuah komunitas keren yang bisa Sobat Kata ikuti, jika kalian ingin belajar lebih lanjut tentang blog. Di artikel sebelumnya, tentang niche kita sudah mengenali tentang spesialisasi isi blog. Bagaimana? Apa sudah mantap memilih niche yang akan digunakan?

Menjadi seorang blogger profesional, apalagi dengan tujuan monetisasi. Tentu saja, Sobat Kata tidak bisa berhenti di pemilihan niche saja. Apakah menulis dan mengunggah artikel setiap hari saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Kita diharuskan banyak belajar untuk bisa memaksimalkan blog yang kita punyai. Mulai dari memaksimalkan tampilan, memaksimalkan fungsi, hingga memahami SEO. Wah apa nih!

Tenang saja, hal-hal ini sangat bisa dipelajari. Tentu tidak mudah, namun jika kita memiliki niat yang teguh dan circle yang mendukung, kita akan semakin semangat dan mudah untuk mempelajarinya. Salah satu komunitas yang pas dan recommended untuk mendukung Sobat Kata belajar menjadi blogger profesional adalah Komunitas One Day One Post (ODOP)

Kenalan yuk sama ODOP

ODOP Blogger Squad

Komunitas yang terbentuk sejak 2015 ini, masih tetap eksis dan semakin berkembang hingga saat ini. Bang Syaiha, penggagas awal berdirinya komunitas ini adalah seorang penulis aktif di Kompasiana saat itu.  Semarak komunitas literasi saat itu masih belum semeriah saat ini. Berawal dari kian beratnya server Kompasiana yang menjadikannya makin berat dan lambat, Bang Syaiha memutuskan untuk beralih ke Blog. Namun, traffic blog saat itu masih kalah dengan Kompasiana. Bang Syaiha berinisiatif untuk mengajak teman penulis blog yang lain untuk saling berkunjung, dan berkomentar di blog teman yang lain. Selain untuk saling menyemangati, juga untuk meningkatkan traffic blog. Itulah awal mula inspirasi berdirinya ODOP.


Di tahun 2016, ODOP mulai mengadakan perekutan anggota baru setiap tahunnya. Hingga saat ini sudah sampai hingga Batch 11. Ribuan orang yang ingin bergabung dengan ODOP, namun tidak sedikit juga yang gugur di kala seleksi di adakan.

Banyak nama anggota ODOP yang cukup dikenal di dunia literasi Nasional. Tidak hanya sebagai penulis blog namun juga penulis di bidang yang lain. Misalkan penulis novel, cerpen, artikel di media massa online dan lain sebagainya. Sobat Kata tidak akan pernah menyesal jika bergabung menjadi anggota dari ODOP, karena banyak sekali ilmu yang bisa dapatkan dari anggota yang keren-keren itu.

Seleksi Anggota ODOP

 

ODOP Blogger Squad
Sobat Kata yang ingin menjadi anggota ODOP, caranya mudah. Cukup mendaftarkan diri sebagai calon anggota yang akan dibuka setiap setahun sekali.

Pendaftaran biasanya dibuka di semester kedua setiap tahunnya. Informasi pembukaan batch baru selalu diinformasikan melalui kanal media sosial ODOP. Jadi Sobat Kata harus mengikuti medsos ODOP ya! Bisa follow Instagram, Facebook dan juga channel Youtube-nya.

Setelah Sobat Kata mengisi form pendaftaran anggota dan dinyatakan terpilih.  Sobat Kata akan bergabung dari Whatsapp Group dan mengikuti kelas seleksi selama beberapa periode. Tenang saja, kelas seleksi ini sebenarnya adalah sebuah kumpulan kelas literasi yang akan Sobat Kata ikuti, tentu saja akan ada beberapa tugas yang akan menjadi dasar penilaian apakah Sobat Kata akan lolos sebagai anggota resmi ODOP atau tidak.

Kelulusan Anggota ODOP

ODOP Blogger Squad

 

Peserta recruitment batch baru yang berhasil mengikuti kelas dan mengerjakan tugas dengan baik hingga akhir, akan dinyatakan lulus dari kelas seleksi. Pengumuman kelulusan akan diumumkan di grup dan di kanal media sosial ODOP.

Setelah dinyatakan lulus, anggota baru akan diijinkan masuk ke grup utama ODOP dan bergabung dengan anggota batch sebelum-sebelumnya, mulai dari batch 1 hingga yang terbaru. Di sinilah kita bisa berinteraksi lebih intens dengan anggota yang lebih senior dan lebih banyak pengalamannya.

Selain bisa berinteraksi, para anggota baru juga bisa mengikuti kelas khusus yang hanya bisa diikuti oleh anggota ODOP, tentu saja pematerinya adalah orang-orang yang expert di bidangnya. Anggota bebas menentukan ingin mengikuti kelas yang mana, boleh salah satu atau lebih dari satu. Asalkan bisa mengikuti dengan baik ya Sobat Kata. Semua kelas ini gratis, tidak dipungut biaya apapun. Nah sekarang, yuk kita kenali kelasnya ada apa saja yaaa.

ODOP Blogger Squad ( OBS)

Ini nih kelas untuk anggota yang ingin mendalami blog secara mendalam dan menjadi seorang blogger profesional. Di kelas OBS, Sobat Kata akan mempelajari blog mulai dari dasar hingga pemanfaatan blog secara optimal. Materi-materi yang diberikan seputar apa itu blog, mengenali tools blog, mengenal SEO hingga cara monetisasi blog.

Pemateri OBS adalah rekan-rekan anggota senior yang sudah profesional di dunia blogging. Jadi Sobat Kata jangan khawatir, pemateri akan dengan sabar menjawab pertanyaan dari kita yang mungkin sangat awam dalam dunia blogging. Selain menerima materi, kita juga akan dihadapkan dengan banyak tugas untuk mempraktikkan materi-materi yang diberikan. Yaaah, tentu kita harus praktik kan, agar ilmunya bisa berguna dengan baik. Sebagai anggota ODOP blogger Squad, kita harus mengerjakan tugas, karena ada sistem gugur selama kelas berlangsung.

ODOP Tembus Media (OTM)

Kelas yang kedua adalah OTM. Di kelas ini, Sobat Kata akan diajarkan tips n trik mengirim tulisan karya Sobat Kata hingga bisa diterima dan diterbitkan oleh media. Siapa sih yang tidak bangga jika tulisanya berhasil nampang di media nasional. Ya kaann ... Sama dengan kelas ODOP Blogger Squad, OTM juga menerapkan sistem gugur di perjalanan kelasnya.

ODOP Nulis Buku (ONB)

 Kelas Selanjutnya adalah ONB. Kelas ini cocok buat Sobat Kata yang ingin menerbitkan buku hasil karyanya sendiri. Mentor akan mendampingi kita dan memberikan kiat agar kita konsisten menulis hingga bisa menghasilkan karya kita menjadi sebuah buku. Di kelas ONB ini kita juga bisa menerbitkan buku antologi yang kita tulis bersama dengan anggota ONB yang lain lho. Tentu saja, kelas ini juga menerapkan sistem gugur.

Nah, Sobat Kata. Sekian kelas belajar kali ini. Yuk segera gabung dengan ODOP Blogger Squad, kalau Sobat Kata ingin jadi blogger profesional. Jangan sampai ketinggalan pendaftarannya ya ...

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ganti Domain Blog-mu jadi .com dengan Mudah

Beri Makan Kucingmu dengan satu klik dari Handphonemu dengan Bardi Smart Pet Feeder!