Niche, Kenalan Dulu Yuk!

 

Hai Sobat Kata, waktunya belajar bersama lagi nih. Kali ini pembelajaran kita tentang bagian dari blog. Artikel kali ini cocok banget bagi Sobat Kata yang tertarik pada dunia blog atau pengen jadi blogger.


pexels-cottonbro-studio-4255387

Nah Sobat Kata, ketika kita mulai membuat blog. Ada satu hal yang penting untuk kita pahami dan tentukan pada awal pembuatan blog. Hal penting itu adalah niche blog. Niche blog, bisa kita pahami sebagai tema atau topik khusus untuk sebuah blog. Jadi jika kita ingin menganalogikan blog sebagai sebuah rumah makan atau toko. Niche adalah spesialisasi dari menu yang akan kita sajikan, apakah blog Sobat Kata akan menjadi rumah makan padang, toko roti atau bahkan supermarket.

Gimana? Terbayang tidak apa itu niche blog?

Niche Blog, banyak sekali jenisnya. Sobat Kata bebas memilih dan menentukan akan menggunakan jenis niche yang mana. Bagi Sobat Kata yang masih pemula di dunia blogging tentu tidak akan mudah menentukan tema yang akan ditekuni. 

 


 pexels-ann-h-2789779

Nah, tips menetukan Niche Blog untuk Pemula

1.     1.  Pilih tema yang nyaman untuk ditulis secara konsisten

Konsisten menulis bagi seorang blogger pemula tentu bukan yang mudah. Maka dari itu, pilihlah tema yang kalian sukai agar merasa nyaman ketika menjalaninya. Menulis hal yang disukai akan memicu rasa antusiasme, sehingga kita cenderung tidak memiliki rasa malas atau menunda untuk menulis. Buatlah jadwal untuk menulis, sesuaikan dengan kebiasaan dan hindari menulis ketika rasa malas atau jenuh sedang dirasakan.

 

2.       2. Pilih tema yang Anda Kuasai


Menguasai tema yang akan ditulis akan memudahkan dalam proses menulis. Dengan memahami tema atau topik, Sobat Kata akan menjadi lebih mudah untuk menjelaskan dengan baik. Penjabaran dengan bahasa yang mudah dipahami untuk topik yang Sobat Kata kuasai akan membuat pembaca lebih nyaman ketika membacanya.

 

3.      3. Pilih tema yang populer


Tema yang populer atau banyak peminatnya tentu akan memperbesar peluang untuk membuat blog kita dikunjungi pembaca. Salah satu kebahagiaan bagi blogger pemula adalah ketika artikel yang kira terbitkan memiliki pembaca yang banyak. Memilih tema populer adalah pilihan yang tepat bagi blogger pemula. Tentu saja, meskipun kita memilih tema populer, kita tidak boleh menulis dengan sekadarnya. Kita harus memastikan bahwa artikel kita layak baca dan memiliki informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

 


pexels-william-fortunato-6140706

Rekomendasi Niche Blog

Sudah terbayang belum nih, niche yang Sobat Kata akan pilih. Untuk memudahkan Sobat Kata, berikut ini rekomendasi niche blog yang bisa Anda pilih:

1.    1. Kuliner

Banyak sekali di Indonesia, masyarakat yang memiliki hobi wisata kuliner. Bahkan sebagian besar content creator yang membuat konten khusus seputar kuliner. Baik kuliner lokal maupun mancanegara. Jadi, niche kuliner menjadi pilihan menarik bagi Sobat Kata. Indonesia, kaya sekali akan pilihan makanan khas daerah. Banyak sekali yang bisa dibahas di dunia kuliner Indonesia.

2.    2. Traveling & Wisata

Selain hobi wisata kuliner, membahas tempat wisata dan traveling tentunya tidak kalah menarik. Indonesia terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang dimiliki. Bahkan, sudah tidak asing lagi, Indonesia memiliki Pulau Bali yang terkenal secara Internasional. Selain bali masih banyak spot wisata yang bisa Sobat Kata kulik dan sajikan bagi pembaca.

3.    3. Kesehatan

Kemudahan teknologi, membuat masyarakat lebih banyak mencari informasi via internet. Salah satu yang sering sekali dicari adalah informasi tentang kesehatan. Banyak sekali pembahasan yang bisa ditulis di dunia kesehatan. Tentang Pola Hidup sehat yang sekarang sedang digandrungi oleh tua maupun muda, pengetahuan tentang penyakit, hingga obat-obatan baik yang kimia maupun herbal.

 

4.   4. Kecantikan

Informasi dunia kecantikan adalah salah satu informasi yang tak lekang oleh waktu. Wanita dari jaman dahulu hingga sekarang selalu senang mencari informasi dan ilmu terbaru perihal kecantikan. Apalagi, saat ini banyak sekali jenis skincare maupun kosmetik yang beredar. Tentu saja Sobat Kata memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review.

 

 

5.   5. Teknologi

Semakin modern, semakin banyak pula ilmu teknologi yang dicari oleh pembaca. Teknologi dengan kemajuannya yang sangar pesat inilah yang menjadikan niche teknologi menarik untuk disajikan di blog Sobat Kata. Banyak inovasi dan kreativitas di bidang teknologi akan membantu Sobat Kata untuk memiliki variasi artikel yang bisa disajikan pada pembaca.

 

6.    6. Finance


Perkara keuangan bukanlah perkara yang mudah. Banyak informasi yang bisa kita bagikan pada pembaca sebagai informasi yang menarik. Arikel perihal keuangan juga banyak jenisnya yang bisa Sobat Kata pilih dan sajikan, misalkan tips manajemen keuangan keluarga, cara mengelola keuangan bagi remaja, bisnis online dan lain sebagainya.

 

 

7.    7. Parenting

Gaya pengasuhan saat ini tidak bisa disamakan dengan gaya pengasuhan di era dahulu. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini juga berpengaruh pada kepribadian anak. Karena itu informasi dan ilmu perihal parenting sangat dibutuhkan oleh orangtua. Terlebih para orangtua muda yang sedang gemar untuk belajar tentang model parenting dari para pakar.

8.    8. Game Online

Tema satu ini sangat menarik untuk dibahas. Penggemar game online sangat banyak, mulai dari generasi anak-anak, pemuda bahkan orang tua. Jenis game online yang sangat banyak juga menjadi bahan yang menarik untuk dibahas. Jadi Sobat Kata bisa tenang, niche Game online adalah niche dengan target pembaca dan ide yang jelas dan menarik.

 


Nah Sobat Kata, sudah semakin mantap dalam menentukan niche blog Anda?

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu untuk Sobat Kata untuk mengetahui pentingnya niche blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadi Blogger Profesional bersama ODOP Blogger Squad

Ganti Domain Blog-mu jadi .com dengan Mudah

Beri Makan Kucingmu dengan satu klik dari Handphonemu dengan Bardi Smart Pet Feeder!